Aug 31, 2018

Ingredients 24/8/18

BAYAM

A. ORIGIN
Sejarah Singkat
Bayam merupakan tanaman sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus spp. Kata "amaranth" dalam bahasa Yunani berarti "everlasting" (abadi). Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik. Tanaman bayam semula dikenal sebagai tumbuhan hias. Dalam perkembangan selanjutnya. Tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein, terutama untuk negara-negara berkembang. Diduga tanaman bayam masuk ke Indonesia pada abad XIX ketika lalu lintas perdagangan orang luar negeri masuk ke wilayah Indonesia.


Sementara jenis tanaman budidaya bayam dibedakan 2 macam, yaitu:
1. Bayam cabut atau bayam sekul alias bayam putih (A. tricolor L.). Ciri – ciri bayam cabut adalah memiliki batang berwarna kemerah-merahan atau hijau keputih – putihan, dan memilki bunga yang keluar dari ketiak cabang. Bayam cabut yang batangnya merah disebut bayam merah, sedangkan yang batangnya putih disebut bayam putih.

2. Bayam tahun, bayam skop atau bayam kakap (A. hybridus L.). Ciri – ciri bayam ini adalah memiliki daun lebar – lebar, yang dibedakan atas 2 spesies yaitu:
-A. hybridus caudatus L., memiliki daun agak panjang dengan ujung runcing, berwarna hijau kemerah – merahan atau merah tua, dan bunganya tersusun dalam rangkaian panjang terkumpul pada ujung batang.
-A. hibridus paniculatus L., mempunyai dasar daun yang lebar sekali, berwarna hijau, rangkaian bunga panjang tersusun secara teratur dan besar – besar pada ketiak daun.

Pada budidaya bayam dikenal setidaknya 7 varietas bayam unggul yaitu; varietas Giri Hijau, Giti Merah, Maksi, Raja, Betawi, Skop, dan Hijau. Sedangkan beberapa varietas tanaman budidaya bayam cabut unggul adalah Cempaka 10 dan Cempaka

B.CARACTERISTIC &  STRUCTUR
Akar Bayam
Akar tanaman bayam memiliki sistem perakaran tunggal.

Batang Bayam
Batang tanaman bayam berbentuk bulat, berair, lunak serta kurang berkayu. Warna batang bayam tergantung dari jenis bayam tersebut bayam hijau memiliki batang berwarna hijau, begitu juga bayam merah juga memiliki batang berwarna merah.

Daun
Daun bayam termasuk daun tunggal bertangkai. Warna daun mengikuti jenis bayam. Bentuk daun bundar telur memanjang. Panjang daun 1,5 cm sampai 6,0m cm. Lebar daun 0,5 cm hingga 3,2 cm. Tangkai daun berbentuk bulat, dengan bentuk permukaan opacus. Panjang tangkai daun 0,5 cm sampai 9,0 cm.

Bunga Bayam
Bunga bayam merupakan bunga berkelamin tunggal, tersusun majemuk tipe tukal yang rapat, berwarna hijau. Memiliki 5 mahkota dengan panjang 1,5 sampai 2,5 mm. Bunga jantan memiliki bentuk bulir, untuk bunga betina berbentuk bulat yang terdapat pada ketiak batang.

Buah bayam
Buah bayam berbentuk lonjong berwarna hijau dengan panjang 1,5 mm.

Biji Bayam
Biji bayam berwarna hitam mengkilat dengan panjang antara 0,8 sampai 1 mm.

C. BENEFIT
Bayam merupakan bahan sayuran daun yang bergizi tinggi dan digemari oleh semua lapisan masyarakat. Daun bayam dapat dibuat berbagai sayur mayur, bahkan disajikan sebagai hidangan mewah (elit). Di beberapa negara berkembang bayam dipromosikan sebagai sumber protein nabati, karena berfungsi ganda bagi pemenuhan kebutuhan gizi maupun pelayanan kesehatan masyarakat. Manfaat lainnya adalah sebagai bahan obat tradisional, dan juga untuk kecantikan. Akar bayam merah dapat digunakan sebagai obat penyembuh sakit disentr. Daun dan bunga bayam duri berkhasiat untuk mengobati penyakit asma dan eksim. Bahkan sampai batas tertentu, bayam dapat mengatasi berbagai jenis penyakit dalam. Untuk tujuan pengobatan luar, bayam dapat dijadikan bahan kosmetik (kecantikan). Biji bayam digunakan untuk bahan makanan dan obat - obatan. Biji bayam dapat dimanfaatkan sebagai pencampur penyeling terigu dalam pembuatan roti atau dibuat bubur biji bayam. Ekstrak biji bayam berkhasiat sebagai obat keputihan dan pendarahan yang berlebihan pada wanita yang sedang haid.

D. QUALIFICATIONS
Klasifikasi Tumbuhan Bayam
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Caryophyllales
Famili : Amaranthaceae
Upafamili : Amaranthoideae
Genus : Amaranthus

E. HOW TO KEEP
Berikut adalah cara menyimpan bayam agar tahan lama:

1. Pilih bayam yang segar dan berwarna hijau tua ketika membelinya dari pasar atau supermarket. Hindari bayam yang sedikit layu, menguning, atau berlendir.

2. Jaga agar bayam tidak kering. Jangan mencuci sebelum menyimpannya karena kelebihan air dapat mendorong bayam layu sebelum waktunya.

3. Tempatkan bayam dalam kantong plastik bersih. Tidak perlu mengemas ulang bayam yang sudah dibeli.

4. Simpan bayam dalam lemari es, diutamakan di rak sayuran. Bayam akan tetap segar selama lima sampai tujuh hari.


F. NUTRION
Kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram daun bayam adalah 2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium

G. HOW TO GROW UP
Menanam Bayam Cabut
Menanam bayam cabut dapat dilakukan didataran rendah maupun dataran tinggi, supaya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik menanam bayam cabut harus mendapatkan curah hujan dan sinar matahari yang cukup, para petani biasanya menanam bayam cabut dengan biji, untuk menyiapkan bibit bisa di dapatkan dari toko pertanian yang sudah banyak di jual, sesuai denga jenis bayam yang akan di tanam, berikut cara menanam bayam cabut cepat panen dengan hasil melimpah.

Menyiapkan Bibit
Pemilihan benih bayam mempunyai peran penting, karena dengan bayam kualitas unggul mampu menghasilkan bayam yang bagus dan subur, benih bayam bisa didapatkan dengan membeli di toko toko pertanian sudah banyak tersedia.

Untuk memeilih bibit bayam sebaiknya anda menggunakan bibit yang ada di toko pertanian yang sudah terdaftaratau sudah bermerk, karene sudah pasti terjamin kualitas dan kuantitasnya di banding dengan bibit yang diperoleh berbentuk eceran tanpa merk, dan jangan lupa juga untuk memilih bibit yang sesuai dengan iklim yang tempat yang akan di tanami.

Menyiapkan Lahan
Untuk menyiapkan lahan harus dengan menggemburkan tanah terlebih dahulu dengan cara mencakul atau membajak lahan sampai menjadi gembur dan di buat bedengan bedengan dengan tinggi 30 cm untuk tempat di tanamnya bayam, dalam penggemburan bisa juga dengan menambahkan pupuk kandang dan diaduk jadi satu dengan tanah supaya tanaman bayam bisa tumbuh dengan subur dengan banaknya unsurhara yang terkandung dalam tanah.
agar tumbuh dan berproduksi dengan baik tanaman bayam harus ditanam di lahan terbuka yang terkena sinar matahari penuh.

Penanaman
Penanaman bayam sebaiknya di lakukan pada waktu musim penghujan , jika anda lakukan pada musim kemarau sebaiknya anda rutin untuk menyiramnya agar kangkung tetap tumbuh dengan subur, untuk menanamnya yaitu dengan membuat lubang sedalam 5 cm bergaris memanjang dan berurutan agar bayam tumbuh teratur dan sempurna, satu bedengan atau gundukan tanah dengan lebar kurang lebih 1,2 meter bisa dibuat 5-6 baris memanjang, satu lubang isi dengan 2-4 bibit bayam dan setelah itu timbun kembali dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk NPK atau pupuk kandang, kemudian beri tutup jerami padi diatasnya agar terhindar dari hewan ternak seperti ayam, burung dan supaya menjaga kelembaban tanah agar bibit cepat tumbuh.
Selanjutnya setelah biji kangkung sudah mulai tumbuh sekitar umur 4 hari buka jerami yang untuk menutupi tadi supaya tanaman bayam dapat tumbuh dengan bebas.

Perawatan
Proses perawatan untuk tanananam bayam adalah tahapan akhir sebelum pemanenan, dengan pemeliharan dan perawatan yang cukup akan menghasilkan bayam yang bagus. untuk itu anda dapat melakukan dengan cara dan langkah langkah sebagai berikut.

Lakukan penyulaman sekitar 1 minggu setelah tanam, menggantikan tanaman yang sudah mati dengan bibit yang baru.
Penyiangan dapat dilakukan dengan membersihkan gulma atau tumbuhan liar yang ada di sekitar tanaman Terong tersebut.
Penyiraman dapat dilakukan dua kali dalam satu haripagi dan sore hari dan jangan sampai terlalu berlebihan dapat mengakibatkan busuk pada akar.
Pemupuka juga dapat dilakukan dengan memberikan pupuk kandang, Urea, TSP dan lainnya sesuai dengan takaran.
Pengendalian Hama Dan Penyakit harus dilakukan sanitasi dan juga penyemprotan fungisida maupun insektisida jika sudah mengetahui gejala serangan
Panen

Kangkung cabut akan dipanen atau sudah bisa dipanen setelah berumur 30-35 hari sejak bibit ditanam, memanen kangkung cabut cukup mudah dilakukan, dengan mencabut kangkung sampai akarnya dan cucu pada bagian akarnya segera anda ikat sesuai ukuranran pada umumnya dan siap dijual.

H. HOW TO COOK
1. Pilih jenis yang tepat
Sementara itu berdasarkan jenisnya ada dua jenis bayam, yaitu:
Bayam cabut: yang berdaun bulat cenderung cekung dan berwarna hijau muda. Bayam jenis ini juga memiliki batang yang lebih renyah dan kecil sehingga cocok untuk dimasak sebagai sayur berkuah dan tumis.
Bayam petik: ini daunnya berbentuk lebih lonjong dengan bagian ujung yang lebih kecil, datar, lebar, tebal dan berwarna hijau tua. Karena memiliki batang yang lebih tebal, biasanya bayam ini diolah daunnya untuk menjadi pecel atau keripik bayam. 
Selain itu ada juga baby spinach yang memiliki ukuran batang yang lebih pendek daripada bayam biasa. Baby spinach ini memiliki rasanya yang lebih empuk. Juga ada 2 warna bayam yang bisa anda pilih, hijau dan merah. Bayam merah memiliki kandungan beta karoten yang lebih tinggi. Tapi jangan kaget bila sayur berkuah anda akan ikut berwarna merah jika memilih bayam merah ini.

2. Pilihlah yang berkualitas baik
Pilihlah bayam yang masih segar, tidak ada bagian yang layu, kering, dan busuk.
Segera memasak bayam setelah dibeli agar rasanya tetap segar. 
Jika tidak langsung dimasak, masukkan bayam ke dalam plastik dan simpan di lemari es tanpa dicuci terlebih dahulu. Sebab bayam akan lebih mudah busuk jika disimpan dalam keadaan basah. Jangan lupa potong dulu bagian akarnya sebelum disimpan.
Jangan simpan bayam terlalu lama di lemari es. Sebab kandungan nitritnya akan meningkat lebih cepat saat disimpan. Nitrit ini adalah bahan yang berbahaya untuk tubuh.

3. Cuci hingga bersih
Sebelum diolah, potong daun dan batang bayam lalu cuci di bawah air yang mengalir, bersihkan sela-sela daun dan batangnya. Kemudian tiriskan.

4. Masaklah dengan tepat
Agar kandungan nutrisi dalam bayam tetap terjaga, masaklah bayam dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis sebentar saja. Kabar baiknya, memasak bisa meningkatkan kandungan vitamin A dalam bayam, lho.
Saat akan merebus bayam, pastikan air telah mendidih lalu rebus bayam selama satu menit saja. Sehingga daunnya masih terlihat hijau.
Jika bayam akan ditumis, tumislah selama satu menit saja dalam api besar sehingga bayam akan cepat matang dan masih berwarna hijau.
Jika bayam akan dibuat keripik, petiklah daun bayam dan keringkan daunnya per helai setelah dicuci, agar mudah digoreng dan hasilnya lebih krispi.
Gunakan panci stainless steel saat memasak bayam. Kandungan zat besi dalam bayam akan bereaksi dengan panci besi atau aluminium sehingga bayam akan lebih cepat berubah warna jadi kehitaman.

5. Penyajian
Bayam harus segera dikonsumsi setelah matang.
Buanglah sajian bayam setelah 5 jam dimasak. Senyawa nitrat yang ada didalamnya akan berubah jadi nitrit setelah terpapar udara terlalu lama dan bersifat racun.
Jangan memanaskan ulang sajian bayam. Kandungan zat besi yang ada dalam bayam akan teroksidasi menjadi racun bagi tubuh.

KANGKUNG

A. ORIGIN
Kangkung termasuk sayur yang sangat populer. Biasa dibuat tumis, cah, atau lalap. Kangkung ternyata juga berkhasiat sebagai antiracun dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan. Tanaman kangkung berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika. Di Cina, sayuran ini dikenal sebagai weng cai. Di negara Eropa, kangkung biasa disebut swamp cabbage, water convovulus, atau water spinach.
Kangkung memang berfungsi sebagai penenang (sedatif) dan mampu membawa zat berkhasiat ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman ini mempunyai kemampuan menetralkan racun ditubuh.

B.CARACTERISTIC
kangkung ada dua jenis yaitu kangkung air dan kangkung darat.
ciri2 Kangkung air:
1. daunnya tidak begitu panjang.
2. daunnya tak begitu keras malah ada yang sangat lemes (kata orang kebumen)

kangkung yang lemes inilah yang dicari oleh setiap orang. adapaun mengetahui kangkung yang enak untuk di sayaur yaitu gagangnya amoh atau orang kebumen menyebutnya kangkung lemes. batangnya putih. Tidak ditanam disungai, konon kangkung yang ditanam disungai jika disayaur terasa amis. kangkungnya masih muda. kangkung seperti inilah yang dicari orang kebumen.

ciri-ciri kangkung darat:
1. daun putih
2. batang putih dan keras

C. STRUCTUR
Kangkung merupakan tanaman yang sangat tergolong lama tumbuh, tanaman ini memiliki akar tunggang dan bercabang-cabang. Perakaran ini menembus dengan kedalam 60 – 100 cm, dan menyebar luas secara mendatar 150 cm hingga lebih, terutamanya tanaman kangkung pada air.

Batang pada tanaman kangkung  bult dan berlubang, berbuku-buku, dan banyak mengandung air. Terkadang buku-buku tersebut mengeluarkan akar tanaman yang serabut dan juga berwarna putih dan ada juga berwrana kecoklatan tua.

Kangkung juga memiliki tangkai dauan melekat pada buku-buku batang dan di keiak batang terdapat mata tunas yang dapat tumbuh cabang baru. Bentuk dauan memiliki ujung runcing dan juga tumpul, permukaan dauan berwarna hijau tua , dan juga berwarna hijau muda.


Bunga pada tanaman kangkung memiliki bentuk terompet dan memiliki dauan mahkota yang berwara putih atau kemerahan. Dan jika menghasilkan buah berbentuk bulat atau oval yang di dalamnya memiliki tiga butit biji. Warna biji tanaman kangkung berwran hitam jika sudah tua dan hijau ketika mudah.

D. QUALIFICATIONS
Kindom : Plantae ( Tumbuhan )
Subkingdom : Tracheobionta ( Berpembuluh )
Superdivisio :Spermatophyta ( Menghasilkan biji)
Divisio : Magnoliophyta ( Berbunga )
Kelas : Magnoliapsida ( Berkeping dua / dikotil )
Sub kelas : Asteridae
Ordo : Solanales
Famili : Convovulceae
Genus : Ipomea
Spesies : Ipome reptan Poir

E. HOW TO KEEP
Memilih: Pilih yang muda dan segar. Bentuk daun utuh, batangnya terasa renyah. Sebaiknya diolah langsung karena kangkung mudah layu.
Masa panen: 12–27 hari. Panen di sore hari.

Menyimpan: Tahan simpan 1 hari dengan cara mendam akar kangkung di ember, taruh di tempat teduh. Atau, petiki daun berikut batangnya yang muda, taruh dalam wadah kedap udara, simpan di kulkas untuk masa simpan satu hari. Jangan cuci kangkung jika akan disimpan

F.  NUTRION
Kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain mengandung vitamin A, B1, dan C, kangkung juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, dan sitosterol.

Bagian tanaman kangkung yang paling penting adalah batang muda dan pucuknya sebagai bahan sayur-mayur. Menurut Dr. Setiawan, kangkung mempunyai rasa manis, tawar, sejuk. Sifat tanaman ini masuk ke dalam meridian usus dan lambung. Efek farmakologis tanaman ini sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), sedatif (obat tidur). Kangkung juga bersifat menyejukkan dan menenangkan.

G. . HOW TO GROW UP
     Kangkung darat bisa diperbanyak dengan biji. Untuk luasan satu hektar dibutuhkan benih kurang lebih 10 kg. Varietas yang dianjurkan adalah varietas Sutra alias varietas lokal yang memiliki daya penyesuaian lebih baik dibanding varietas lain. Lahan terlebih dahulu dicangkul sedalam 20-30 cm supaya gembur, seusai itu dibangun bedengan membujur dari Barat ke Timur supaya memperoleh cahaya penuh. Lebar bedengan sebaiknya 100-120 cm, tinggi 30 cm serta panjang sesuai kondisi lahan, untuk memudahkan pemeliharaan sebaiknya panjang bedengan kurang 15 m. Jarak antar bedengan + 30 cm. Lahan yang asam (pH rendah) perbuat pengapuran dengan kapur kalsit alias dolomit untuk menaikkan derajat keasaman tanah dosis 1,5 t/ ha, pengapuran dilakukan sebelum penanaman, yaitu 2-4 minggu sebelum tanam.

    Pupuk organik (sebaiknya kotoran ayam yang sudah difermentasi) diberikan tiga hari sebelum tanam dengan dosis 4 kg/m2. Sebagai starter ditambahkan pupuk anorganik berupa Urea 15 gr/m2 pada umur 10 hari seusai tanam. Supaya pemberian pupuk lebih merata, pupuk Urea diaduk dengan pupuk organik kemudian diberikan dengan cara larikan di samping barisan tanaman, apabila butuh tambahkan pupuk cair 3 liter/ha (0,3 ml/m2) pada umur 1 serta 2 minggu seusai tanam. Biji kangkung darat ditanam di bedengan yang sudah dipersiapkan. Buat celah tanam dengan jarak 20 x 20 cm, tiap celah tanamkan 2 – 5 biji kangkung. Sistem penanaman dilakukan dengan cara zigzag alias system garitan (baris). Pemeliharaan yang butuh diperhatikan adalah ketersediaan air, bila tak turun hujan wajib dilakukan penyiraman. Faktor lain adalah pengendalian gulma waktu tanaman tetap muda serta menjaga tanaman dari serangan hama serta penyakit.

    Hama yang menyerang tanaman kangkung antara lain ulat grayak (Spodoptera litura F), kutu daun (Myzus persicae Sulz) serta Aphis gossypii. Sedangkan penyakit antara lain penyakit karat putih yang dikarenakan oleh Albugo ipomoea reptans. Untuk pengendalian, gunakan tipe pestisida yang aman mudah terurai semacam pestisida biologi, pestisida nabati alias pestisida piretroid sintetik. Penggunaan pestisida tersebut wajib dilakukan dengan benar baik pemilihan jenis, dosis, volume semprot, tutorial aplikasi, interval serta waktu aplikasinya. Panen dilakukan seusai berusia + 25 hari seusai tanam, dengan tutorial mencabut tanaman hingga akarnya alias memotong dibagian pangkal tanaman kurang lebih 2 cm di atas permukaan tanah. Pasca panen khususnya diarahkan untuk menjaga kesegaran kangkung, yaitu dengan tutorial menempatkan kangkung yang baru dipanen di tempat yang teduh alias merendamkan tahap akar dalam air serta pengiriman produk ketempat tujuan secepatnya.


H. BENEFIT
1. Mengurangi haid
2. Mimisan
3. Sakit kepala
4. Ambeien
5. Insomnia
6. Sakit gigi
7. Melancarkan air seni
8. Ketombe
9. Sembelit, mual bagi ibu hamil
10. Gusi bengkak
11. Kapalan
12. Kulit gatal karena eksim
13. Digigit lipan


I. HOW TO COOK
Selalu masak dekat waktu santap karena kangkung olah mudah berubah warna jadi hitam. Untuk anak-anak, samarkan kangkung dengan cara cincang daun dan batangnya untuk nugget sayuran, bakso sayuran, atau rempeyek kangkung

KOL

A. ORIGIN
Kembang Kol atau Kubis Bunga merupakan tanaman sayuran jenis Brassica oleracea, suku Brassicaceae  termasuk dalam kelompok botrytis. Kubis Bunga atau Kemabng Kol yaitu jenis kol dengan bunga putih kecil dan merupakan tumbuhan berbatang lunak.

Tanaman ini berasal dari Eropa subtropis didaerah Mediterania. Kembang kol masuk ke Indonesia dari India pada abad ke-19. Kubis bunga yang berwarna putih dengan massa bunga yang kompak seperti yang ditemukaan saat ini dikembangkan tahun 1866 oleh Mc.Mohan ahli benih dari Amerika.


Brassica oleracea varitas botrytis terdiri atas 2 subvaritas yaitu cauliflora DC. yang kita kenal sebagai kubis bunga putih dan cymosa Lamn. yang berbunga hijau dan terkenal sebagai kubis bunga. Penentuan kultivar berdasarkan ukuran, kemampatan dan warna massa bunga.

B.CARACTERISTIC &  STRUCTUR
Kubis bunga memiliki tangkai daun agak panjang dan helai daun berlekuk-lekuk panjang. Tangkai bunga kubis bunga lebih panjang dan lebih besar dibandingkan dengan kubis bunga. Massa bunga kubis bunga tersusun secara kompak membentuk bulatan berwarna hijau tua, atau hijau kebiru-biruan, dengan diameter antara 15-20 cm atau lebih  Pada kondisi lingkungan yang sesuai, massa bunga kubis bunga dapat tumbuh memanjang menjadi tangkai bunga yang penuh dengan kuntum bunga, tiap bunga terdiri atas 4 helai kelopak bunga (calyx), empat helai daun mahkota bunga (corolla), enam benang sari yang komposisinya empat memanjang dan dua pendek. Bakal buah terdiri atas dua ruang, dan setiap ruang berisi bakal biji.

Biji kubis bunga memiliki bentuk dan warna yang hampir sama, yaitu bulat kecil berwarna coklat sampai kehitaman. Biji tersebut dihasilkan oleh penyerbukan sendiri ataupun silang dengan bantuan sendiri ataupun serangga. Buah yang terbentuk seperti polong-polongan, tetapi ukurannya kecil, ramping dan panjangnya sekitar 3-5 mm.


Sistem perakaran relatif dangkal, dapat menembus kedalaman 60-70 cm. Akar yang baru tumbuh berukuran 0,5 mm, tetapi setelah berumur 1-2 bulan system perakaran menyebar ke samping pada kedalaman antara 20-30 cm. Bunga kubis bunga berwarna putih dan masa tumbuhnya lebih lama dari kubis bunga. Kubis bunga tersusun dari bunga-bunga kecil yang berwarna hijau, tetapi tidak sekompak kubis.

C. QUALIFICATIONS
 Divisi        : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas        : Dicotyledonae
Keluarga  : Cruciferae
Genus      : Brassica
Spesies    : Brassica oleracea var. botrytis L
Sub var    : cauliflora DC

1. Kubis putih (B.o. var. capitata L. f.alba DC.)
1. Kubis kepala bulat: krop bulat dan kompak, ukuran daun kecil sampai sedang, mempunyai daun luar berwarna hijau muda, memiliki teras atau hati kecil dan mempunyai batang pendek. Beberapa varietas unggul kubis putih kepala bulat:
- Globe Master: umur panen 75 hari, produksi 2-2,5 kg/tanaman
- Emerald Cross Hybrid: umur panen 45 hari, produksi 1,2 kg/tanaman
- Copenhagen Market: umur panen 72 hari, produksi 1,8-2 kg/tanaman
- K-K Cros: umur panen 58 hari, produksi 1,6 kg/tanaman
- Green Cup: umur panen 73 hari, produksi 1,5 kg/tanaman
- Ecarliana: umur panen 60 hari, produksi 1 kg/tanaman
2. Kubis kepala bulat runcing: Krop kubis berbentuk bulat dengan ujung bagian atas meruncing sehingga nampak berbentuk elips. Contoh varietas komersial:
- Early Jersey Wakefield: umur panen 63 hari, produksi 1 kg/tanaman
- Green point: umur panen 50 hari, produksi 1 kg/tanaman
3. Kubis kepala bulat datar: Krop kubis berbentuk bulat, bagian atasnya mendatar dan nampak gepeng (baca "kol gepeng", krop kurang kompak dan berongga, ukuran sedang sampai besar dan memiliki daun luar yang melengkung ke arah dalam menutupi kepala. Beberapa jenis komersial adalah:
- Premium Flat Dutch: umur panen 100 hari, produksi 4,5 kg/tanaman.
- Early Flat Dutch: umur panen 83 hari, produksi 2,4-2,7 kg/tanaman.
- O-S Cross: umur panen 80 hari, produksi 2 kg/tanaman.
- Surehead: umur panen 93 hari, produksi 3-4,5 kg/tanaman.
- Kubis 632 Spring Light: umur panen 65 hari, produksi 1,8 kg/tanaman.
- Kubis 633 Summer Autumn: umur panen 60 hari, produksi 2 kg/tanaman.
- Kubis 634 Good Season: umur panen 45 hari, produksi 1,8 kg/tanaman.
- Kubis 635 Summer Summit: umur panen 50 hari, produksi 2 kg/tanaman.
- Kubis 636 Tropical Delight: umur panen 50-55 hari, produksi 2 kg/tanaman.
- Kubis 637 Summit: umur panen 50 hari, produksi 1,5 kg/tanaman.
2. Kubis merah (B.o. var. capitata L. f. rubra.)
Krop berbentuk bulat kompak berwarna merah keunguan dan permukaan luar daun tertutup lapisan. Beberapa varietas yang mempunyai nilai ekonomi:
- Ruby perfection: warna krop merah cerah, umur panen 80 hari, produksi 1,6 kg/tanaman.
- Mammoth Red Rock: warna krop merah tua keunguan dan keras, umur panen 100 hari, produksi 3,4 kg/tanaman.
- Rubby ball: warna krop merah tua, umur panen 65 hari, produksi 1,5 kg/tanaman.
- Res Acre: warna krop merah tua, umur panen 76 hari, produksi 1,8 kg/tanaman.
3. Kubis Savoy (B.o. var. sabauda L.)
Ciri-ciri memiliki daun keriting berbentuk babad/perut daging sapi, berwarna hijau, krop berbentuk bermacam-macam, bulat dan kerucut. Kubis ini biasa disebut kubis keriting/kubis babat. Contoh beberapa varietas komersial:
- Perfection Drumhead: umur panen 90 hari, produksi 2,7-3,2 kg/tanaman.
- Vorbote: produksi 1-2 kg/tanaman.
- Savoy King Hybrid: umur panen 80 hari, produksi 1,8 kg/tanaman.
- Savoy Ace: umur panen 80 hari, produksi 1,6 kg/tanaman.
- Langedijk Early Yellow: produksi 1,5-2 kg/tanaman.
- Langedijk Storage Yellow: produksi 2-3 kg/tanaman.


Selain jenis kubis diatas masih terdapat jenis lain yang cukup komersial yaitu kubis brussel (B.o. var. gemmivera DC.).

D. HOW TO KEEP
Ada beberapa tips yang diperhatikan dan dilakukan agar kembang kol dapat tetap segar saat disimpan.
1.Potong kembang kol
Biar lebih mudah menyimpannya, maka potong bunga kol per kuntum agar mudah dimasukkan ke dalam wadah
2.Taruh dalam wadah plastik
Masukkan kembanmg kol ke dalam kantong atau wadah plastik yang tertutup. Kembang kol memiliki jangka kesegaran yang lembih lama jika dibandingkan dengan brokoli
3.Simpan dalam lemari es
Simpan kembang kol segar yang sudah dibungkus rapi ke dalam lemari es. Suhu dalam lemari es yang direkomendasikan untuk menjaga kesegaran makanan agar tetap optimal adalah sekira 1,6 sampai 4,44 derajat celcius
4.Berubah warna

Segera buang jika kembang kol sudah berubah cokelat. Kembang kol bisa bertahan lama hingga tiga minggu.


E. NUTRION
Kembang kol adalah sumber vitamin C (asam askorbat), folat, vitamin K (phylloquinone) dan vitamin B-6. Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), dan sejumlah kecil vitamin E (alfa-tokoferol) . Bunga kol juga menyediakan mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan mangan tanpa kolesterol berbahaya. Merupakan sumber protein, dan dengan jumlah lemak jenuh yang sangat rendah, daripada lemak lemak tak jenuh dan asam omega-3 lemak esensial yang bermanfaat. Kol juga mengandung serat dan mengandung gula alami lebih rendah, jika dibandingkan dengan anggota keluarga lain seperti brokoli.

Bunga kol yang paling kita kenal adalah berwarna putih, namun sebenarnya ada varietas kembang kol yang berwarna selain putih:

Hijau: Kembang kol hijau juga disebut sebagai broccoflower. Disini juga dikenal ada dua bentuk, yaitu bentuk yang normal serta varian yang runcing yang disebut Romanesco brokoli.

Ungu: Kembang kol berwarna ungu karena zat anthocyanin, yaitu zat yang dikenal sebagai antioksidan yang mempengaruhi warna ke sayuran.

Orange: Bunga kol orange sangat bergizi karena mengandung vitamin A lebih banyak dibandingkan dengan varietas bunga kol warna putih.
H. HOW TO GROW UP
2.1. Iklim

1. Pengaruh angin dirasakan pada evaporasi lahan dan evapotranspirasi tanaman. Laju angin yang tinggi dalam waktu lama (kontinyu) mengakibatkan keseimbangan kandungan air antara tanah dan udara terganggu, tanah kering dan keras, penguraian bahan-bahan organik terhambat, unsur hara berkurang dan menimbulkan racun akibat tidak ada oksidasi gas-gas beracun di dalam tanah.
2. Disebutkan jumlah curah hujan 80% dari jumlah normal (30 cm) memberikan hasil rata-rata 12% dibawah rata-rata normal.
3. Stadia pembibitan memerlukan intensitas cahaya lemah sehingga memerlukan naungan untuk mencegah cahaya matahari langsung yang membahayakan pertumbuhan bibit. Sedangkan pada stadia pertumbuhan diperlukan intensitas cahaya yang kuat, sehingga tidak membutuhkan naungan.
4. Tanaman kubis dapat hidup pada suhu udara 10-24 derajat C dengan suhu optimum 17 derajat C. Untuk waktu singkat, kebanyakan varietas kubis tahan dingin (minus 6-10 derajatC), tetapi untuk waktu lama, kubis akan rusak kecuali kubis berdaun kecil (<3> 9), merupakan racun bagi akar-akar tanaman.
4. Kandungan air tanah yang baik adalah pada kandungan air tersedia, yaitu pF antara 2,5-4. Dengan demikian lahan tanaman kol memerlukan pengairan yang cukup baik (irigasi maupun drainase).

2.3. Ketinggian Tempat

Tanaman kubis dapat tumbuh optimal pada ketinggian 200-2000 m dpl. Untuk varietas dataran tinggi, dapat tumbuh baik pada ketinggian 1000-2000 m dpl.


F.  BENEFIT
Sebagai bahan pangan untuk keperluan masakan seperti sup, sayur lodeh, pecel, lotek dan lain-lain atau dimakan langsung (lalapan) bersama menu lain. Manfaat lain dapat dibuat produk makanan instan seperti mie, makanan ringan dan makanan cepat saji lainnya.


Di bidang kesehatan, dapat digunakan sebagai pencegah dan obat sariawan, penyakit beri-beri, penyakit Xerophthalmia, radang syaraf, lemahnya otot-otot, luka-luka pada tepi mulut, dermatitis bibir menjadi merah dan radang lidah, kandungan niacin dapat mencegah penyakit palagra dan pembentuk tulang dan gigi.


G HOW TO COOK
Karena bentuknya yang berupa krop, Anda dapat membuka setiap lembar sayur kol sebelum diolah lebih lanjut. Sangat mudah membuka lembaran demi lembaran. Baru setelah samuanya terpisahkan, cuci helaian daun kol ini dengan air mengalir. Sebagian orang langsung mengolah kol dalam keadaan panjang, sebagian lagi akan memotong sayur ini terlebih dahulu.

Untuk menjadikan sayur kuah, setiap helaian sayur kol dapat Anda potong menjadi beberapa bagian kecil lagi secara mendatar. Jika Anda sudah membeli sayur kol tetapi belum berniat langsung memasaknya, Anda dapat membungkus kol dengan plastik mika rapat sehingga akan menghindari oksidasi dengan udara bebas. Bungkus keseluruhan kol dengan menggunakan plastik ini hingga rapat. Jika Anda menyantap menu shabu-shabu atau makanan rebusan, kol merupakan pilihan sayuran yang sangat tepat.


Sources:
http://tips-ukm.com/sejarah-penggolongan-dan-manfaat-sayuran-budidaya-bayam/
http://ilmusejarahbiologi.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-definisi-tanaman-bayam-dan.html
https://www.amazine.co/10560/tips-menyimpan-bayam-agar-tidak-layu-tetap-segar/
http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id/2014/08/kandungan-gizi-dan-manfaat-bayam-untuk.html
https://resepkoki.id/2017/02/14/5-cara-memasak-bayam-dengan-benar/
http://www.tugutani.info/2017/01/cara-menanam-bayam-cabut-dengan-mudah-dan-cepat-panen.html
http://elsy-smile.blogspot.co.id/2011/05/asal-usul-sayur-kangkung.html
http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfolgi-tanaman-kangkung/
https://www.ayahbunda.co.id/keluarga-gizi-kesehatan/pilih2c-olah2c-dan-simpan-kangkung
http://www.tipsberkebun.com/cara-menanam-kangkung-yang-benar.html
http://dimasadityaperdana.blogspot.co.id/2009/06/budidaya-kol-kubis.html
http://gudangsayuran.blogspot.co.id/2013/07/kembang-kol-atau-kubis-bunga.html
http://www.kerjanya.net/faq/18486-kol.html

0 komentar:

Post a Comment