Aug 15, 2018

Daily Activity 14/8/18 (Bahasa)

Senin kemarin perlu diakui beberapa diantara kami kurang dalam pembuatan sponge cake, jadi untuk mempermantapnya hari selasa ini kegiatan kami diulang lagi dan lebih terfokuskan pada pembuatan sponge.

Mungkin saya kurang aktif pada kegiatan hari ini dikarenakan saya harus mengambil pesanan topi dan membeli kardus kue dan pewarna yang akan dipakai oleh Novi. Singkat cerita, sewaktu saya balik ke kitchen, saya bingung harus mengerjakan apa dikarenakan Novi dan Agung sudah menyelesaikan sponge cakenya.


Untuk mengasah ilmu pribadi, saya melakukan sebuah eksperimen terhadap Croissant LAGI dan LAGI hahahaha. ada beberapa bahan di resep yang saya tambahkan dan juga metode penyimpanan yang saya lakukan lebih cepat dari biasanya, alhasil croissant yang saya buat sudah mengembang tetapi masih perlu melakukan proses proofing yang lebih lama lagi agar rongga-rongganya terlihat sempurna.

Ah, untuk resep sponge cake yang telah dibuat oleh Novi dan Agung, dapat kalian liat di bawah ini! see you

Bahan :
8 pcs Egg
170 gr Granulated Sugar
15 gr TBM
165 gr Tepung Terigu
20 gr Susu Bubuk
10 gr Maizena
2 gr Baking Powder
150 gr Butter Melted


Cara membuat :
Pertama, nyalakan oven dengan suhu 180°C dan siapkan cetakan utuk adonan sponge cake.
Prepare semua bahan.
Cairkan mentega dengan api kecil, tapi jangan sampai berbuih.
Mixer telur, gula pasir, dan TBM. mixer hingga teksturnya kaku.
Campur semua bahan dry (tepung,terigu, susu bubuk, maizena, baking powder) tapi usahakan bahan dry di saring dulu.
Tuangkan sedikit demi sedikit bahan dry ke adonan. metode ini dikenal dengan istilah folding method.
Tuangkan butter, aduk hingga rata secara manual ditarik dari bawah ke atas untuk menghindari cake menjadi bantat.
Tuangkan adonan cake kedalam cetakan yang sudah dilapisi kertas roti.
Masukkan ke dalam oven dan panggang di suhu 180°C selama 20-30 menit.





0 komentar:

Post a Comment