Feb 19, 2018

Menus of Indonesian Buffet

1. Dojang Nakeng


Dojang Nakeng yaitu makanan laut yang berasal dari flores di kota ruteng 140 km ke daratan , makanan ini disajikan dengan menggunakan mint





2. Rujak Mie

Makanan ini berasal dari kota palembang provinsi sumatera utara . makanan ini adalah makanan khas yang bisa di dapatkan di pasar tradisional di kota palembang . masyarakat palembang rata-rata manyantap makanan ini di waktu sore masyarakat menyebutnya rujak mie yang komposisinya berupa mie telur basah ,irisan timun, irisan tahu, dan disiram dengan saus cuka . makanan ini adalah perpaduan dari dua etnis besar dikota palembang pada abad ke 3 masehi yaitu etnis melayu dan etnis tionghoa


3. Ikan Cuka

Beragam menu kuliner diindonesia menandakan bahwa bangsa kita memiliki ragam dan corak budaya serta kekayaan yang tak ternilai harganya salah satu kuliner yang diterimaoleh mayoritas masyarakat indonesia dan bahkan dunia adalah maskan padang dan salah satunya adalah Ikan cuka merupakan sebuah paduan ikan sisiak sejenis ikan tuna kacil yang ada di kota palembang , digoreng bumbu lalu dipadu dengan bawang utuh, cabe utuh , dan bahanrempah lainnya kemudian ditambah dengan cuka asam sehingga menghasilkan hidangan na gurih





4. Soto Padang

 Menurut dari Ahli Mestika Zed soto padang belum diketahui pasti  tentang sajarah dari makanan ini. Hidangan soto juga sudah lama ada dalam deretan hidangan khas Padang. Ciri yang menjadi pembeda dari soto ini adalah daging kering atau dendeng yang dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam mangkuk sotonya.

Soto Padang memang dikenal sebagai hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang, lalu dihidangkan panas-panas. Soto ini biasa disajikan dengan nasi. Selain di Kota Padang, Sumatera Barat, hidangan Soto Padang juga mudah ditemukan di berbagai restoran Padang di penjuru dunia.


5. Hagape daging

Hagape daging berasal dari sulawesi selatan tepatnya dari tanah toraja yang berbahan dasar daging








6. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang berasal dari masyarakat karang taliwang yang bermukiman di kecamatan cakranegara, kota mataram , provinsi nusa tenggara barat . kemunculan pertamanya pada masa perang kerajaan selapang dan kerajaan karangasem bali . saat masa perang para juru masak memasak ayam dengan menggunakan bumbu-bumbu yang di peroleh dari hutan sekitar, seiring berjalannya waktu masyarakat lain pun mengalami pembaruan dengan ayam diolah menjadi ayam pelalah, dan jadilah ayam pelalah ini menjadi cikal bakal ayam taliwang


7. Terong Santan

Merupakan makanan yang berasal dari maluku . masakan ini paduan dari terong yang di campurkan dengan santan dan rempah-rempah. Yang membuat aroma masakan ini sangat lezat. Dan terong juga ternyata memberi manfaat untuk tubuh. Membantu OtakTerong Mengandung Fitonutrien Yang Menjaga Membran Sel Yang Melindungi Dari Segala Bentuk Kerusakan. Memfasilitasi Transfer Pesan Dari Satu Bagian Ke Bagian Lain, Sehingga Melestarikan Fungsi Memori.


8. Plecing Sayur

Merupakan makanan yang berasal dari lombok, merupakan masakan yang kangkung di rebus dan disajikan dengan dalam keadaan dingin.






9. Bika Ambon

Merupakan makanan yang tersediah sebagai dessert, kue bika ambon ada dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka. Kue yang berbentuk seperti sarang semut.










10. Bubuh Injin

Merupakan makanan yang berasal bali. Bubur Injin (Puding nasi hitam) karena orang Bali memanggil Bubuh Injin adalah salah satu makanan khas Bali yang terkenal, sangat mudah untuk dibuat dan juga lezat untuk dimiliki, terbuat dari campuran nasi hitam dengan beras ketan untuk mendapatkan konsistensi kehalusan dan tekstur, mempermanis dengan gula aren (gula merah), busuk dengan saus kelapa.








Sources:
- Book of Indonesian Cooking
- https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/soto-padang

0 komentar:

Post a Comment