Mar 22, 2018

Ingredients 22/3/18

Susu/Milk








Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

History:
Pada zaman dahulu, susu telah dipakai sebagai bahan pokok pangan manusia. Manusia mengambil susu dari hewan yang memiliki kelenjar susu, seperti sapi, kuda dan domba. Sapi dan domba mulai dijinakkan sejak 8000 SM untuk diambil daging, bulu dan susunya. Di Timur Tengah, susu bahkan terfermentasi menjadi keju oleh para pengembara gurun di sana. Diperkirakan susu mulai masuk ke dataran Eropa pada abad 5000 SM melewati daerah Anatolia. Sementara, susu mulai masuk ke Inggris pada periode Neolitik.

Penggunaan keju dan susu dari Timur Tengah lewat Turki mulai dikenal oleh bangsa Eropa pada zaman Pertengahan. Kemudian, pada abad ke-15, para pelaut mulai membawa sapi perah untuk dipelihara dan diternakkan di dataran Eropa untuk konsumsi susu. Susu sapi sendiri baru dikenal oleh bangsa Indonesia lewat penjajahan Hindia Belanda pada abad ke 18.

Nutrient Content:

Milk, 1% fat

Amount 100 grams

Calories 42
% Daily Value*
Total Fat 1 g
1%
Saturated fat 0.6 g
3%
Polyunsaturated fat 0 g
Monounsaturated fat 0.3 g
Cholesterol 5 mg
1%
Sodium 44 mg
1%
Potassium 150 mg
4%
Total Carbohydrate 5 g
1%
Dietary fiber 0 g
0%
Sugar 5 g
Protein 3.4 g
6%

Vitamin A
0%
Vitamin C
0%
Calcium
12%
Iron
0%
Vitamin D
0%
Vitamin B-6
0%
Vitamin B-12
8%
Magnesium
2%

*Per cent Daily Values are based on a 2,000 calorie diet. Your daily values may be higher or lower depending on your calorie needs.

Function:
Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka. Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu secara alami mengandung nutrisi penting, seperti bermacam-macam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, pendapat lain menambahkan bahwa susu mengandung mineral dan lemak. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan minum susu. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik. Tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi.

Characteristic:
Secara umum masyarakat mengenal susu sebagai komoditas pangan berbentuk cair dan berwarna putih kekuningan. Susu juga dapat diartikan sebagai cairan berbentuk koloid agak kental berwarna putih sampai kekuningan, tergantung dari jenis hewan, pakan/ransum dan jumlah lemaknya.


Kemiri/Candlenut









sering kali digunakan dalam masakan khas Indonesia. Sedikit berbeda dengan bawang putih, bawang merah dan lain sebagainya yang berfungsi sebagai penyedap dan penambah rasa atau aroma.
Kemiri punya fungsi tersendiri ketika dicampur ke dalam masakan. Adalah sebagai pengental alami yang membuat teksturnya jadi lebih legit

Kemiri adalah salah satu jenis kacang-kacangan. Kemiri sering disamakan dengan candle nut. Kemiri berkulit keras dan biasanya dimanfaatkan dagingnya. Kemiri bertekstur keras tetapi tetap mudah dihancurkan. Kemiri merupakan salah satu jenis bumbu utama masakan. Kemiri banyak digunakan untuk masakan Asia, masakan lokal, hingga masakan barat. Kemiri memiliki rasa yang manis. Kemiri berwarna putih dengan cangkang keras berwarna coklat kehitaman. Kemiri juga merupakan biji-bijian yang dapat dibelah dua. Kemiri berbentuk bulat dan biasanya dijual dalam bentuk kupasan. Kemiri dipasarkan dalam bentuk kiloan atau sudah dipak dalam plastik. Kemiri memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Kemiri sudah menjadi komoditi utama di Indonesia dan banyak dihasilkan di berbagai daerah di nusantara.

Fungsi
Kemiri dimanfaatkan untuk berbagai hal. Kemiri memiliki kandungan fosfor yang tinggi dan kalsium yang cukup tinggi juga. Manfaat kemiri yang terkenal adalah untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut dengan cara dibuat minyak. Kemiri juga dimanfaatkan untuk mengobati sariawan dan meredakan nyeri akibat sakit gigi Selain itu, kemiri bisa dimanfaatkan untuk obat diare
Penggunaan kemiri untuk masakan berfungsi untuk mengentalkan kuah. Kemiri dapat membuat kuah bening menjadi keruh dan kental. Penggunaan kemiri untuk mengentalkan kuah biasanya dimanfaatkan untuk soto, rawon, dan sebagainya. Selain itu, kemiri juga umumnya digunakan untuk membuat bumbu menempel pada bahan masakan misalnya bumbu balado agar menempel pada ayam.

Cara Mengolah
Kemiri dapat disimpan dalam waktu yang lama hanya dengan disimpan dalam toples tertutup baik dalam keadaan terkupas atau tidak terkupas. Untuk pengolahan masakan, kemiri umumnya dihaluskan dengan cara ditumbuk halus atau diparut halus. Kemudian kemiri dicampurkan dengan bumbu halus dan ditumbuk bersama bumbu tersebut.
Kemiri juga bisa dibuat minyak. Membuat minyak kemiri cukup mudah. Anda hanya perlu merebus kemiri sampai matang. Kemiri yang direbus matang akan mengeluarkan minyak. Minyak tersebut diambil dan didinginkan lalu disimpan dalam botol tertutup. Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun dalam minyak kemiri yang sudah jadi untuk menambah aroma wangi.


Bawang Merah/Shallot










Sejarah
Asal usul Tanaman bawang merah berasal dari daerah Asia Tengah yaitu sekitar India dan Pakistan sampai negara Palestina. tanaman bawang merah ini merupakan tanaman yang tertua sebagai tanaman yang dibudidayakan oleh manusia.

Hal itu diperkuat adanya lukisan pada patung patung dan Tugu-tugu di Mesir, menurut penelitian lukisan-lukisan ini dibuat oleh bangsa Mesir ribuan tahun sebelum masehi.  kemudian bawang merah mulai menyebar ke negara-negara Eropa Barat, Eropa Timur dan Spanyol pada abad ke -8.
Dari belahan benua ini bawang merah mulai menyebar luas hingga dataran Amerika, Asia Timur dan Asia Tenggara.  Pada abad ke xix bawang merah menjadi salah satu tanaman komersial di berbagai negara di dunia.  Negara-negara yang memproduksi atau membudidayakan bawang merah antara lain Jepang, Rumania, Italia, Amerika Serikat, Meksiko dan Texas .
Sedangkan bawang merah masuk ke negara Indonesia diperkirakan pada abad xix. Sekarang ini di Indonesia tanaman bawang merah dibudidayakan hampir ada di setiap provinsi. namun Sentral penanaman bawang merah secara luas berpusat di Pulau Jawa Indonesia.
Pembudidayaan bawang merah di indonesia, terutama di pulau Jawa dilakukan di daerah-daerah dataran rendah seperti di daerah Semarang, Demak, Cirebon, brebes-tegal, Wates Jogjakarta, Kediri dan lain-lain. dalam perkembangan selanjutnya, bawang merah mulai dibudidayakan di daerah dataran tinggi seperti yang dibudidayakan di Probolinggo, Banjarnegara, Malang, Magetan, Sukabumi dan Bandung.
Adapun daerah-daerah di Indonesia dari setiap provinsi yang membudidayakan bawang merah di antaranya Provinsi Jawa Timur yang membudidayakan bawang merah adalah Ponorogo, Tulungagung, Malang, Pasuruan, Nganjuk, dan Bondowoso selain itu juga Lamongan, Gresik, Sampang, Kediri, Bangkalan, Jember, Pamekasan, Sumenep, Madiun Ponorogo, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung, Lumajang, Tuban ke Mojokerto ke Banyuwangi Probolinggo Sidoarjo Pasuruan dan Bojonegoro
Adapun kabupaten-kabupaten di Jawa Tengah yang membudidayakan bawang merah diantaranya adalah Kabupaten Demak, Sukoharjo, batang, Rembang, Kendal, Pemalang, pati, dan pekalongan serta Banyumas dan Semarang
Adapun di provinsi Jawa Barat daerah yang mengembangkan budidaya bawang merah adalah Sumedang, Garut komam Bandung, Indramayu kok ma Cirebon, Tangerang, Subang, Serang, dan Bekasi. itulah kira-kira daftar daerah-daerah yang membudidayakan tanaman umbi bawang merah di pulau jawa indonesia dan persebaran bumbu dapur yang sangat bermanfaat bagi manusia ini berdasarkan penelitian.

Nutrisi/Kandungan Gizi
Nama Bahan Makanan : Bawang Merah
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Bawang Merah yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Bawang Merah yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 90 %
Jumlah Kandungan Energi Bawang Merah = 39 kkal
Jumlah Kandungan Protein Bawang Merah = 1,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Bawang Merah = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Bawang Merah = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Bawang Merah = 36 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Bawang Merah = 40 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Bawang Merah = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Bawang Merah = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Bawang Merah = 0,03 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Bawang Merah = 2 mg

Fungsi
1. Mengurangi kolesterol
2. Mengurangi peradangan
3. Meningkatkan kekebalan tubuh
4. Detoksifikasi tubuh
5. Menurunkan tekanan darah
6. Mencegah kanker
7. Menyembuhkan asma
8. Mengobati infeksi
9. Menghilangkan jerawat dan bintik gelap di kulit
10. Meringankan sakit gigi
11. Meningkatkan fungsi otak
12. Meredakan masalah perut
13. Menjaga kesehatan tulang
14. Meningkatkan nafsu makan
15. Pengobatan diabetes

Karateristik
1. ciri-ciri akar: berakar serabut dengan sistem perakaran dangkat dan bercabang terpencar, akarnya biasanya menancap pada kedalaman 15-30 cm di bawah tanah.
2. ciri-ciri batang: memiliki batang dengan bentuk menyerupai cakram, tipis, dan pendek. bentuk seperti ini berguna untuk titik tumbuh atau sebagai tempat melekat perakaran dan mata tunas.
3. ciri-ciri daun: memiliki bentuk seperti pipa, yakni bulat kecil memanjang sekitar 50-70 cm, memiliki lubang, bagian ujungnya meruncing, berwarna hijau muda atau pun hijau tua, dan letak daun melekat pada tangkai yang ukurannya pendek.
4. ciri-ciri bunga: tangkai daun keluar dari ujung tanaman dan panjangnya sekitar 30-90 cm, dan di ujung biasanya terdapat d0-200 kuntum bunga yang tersusun bulat atau melingkar seolah membentuk payung. tiap kuntum bunga terdiri atas 5-6 helai daun bunga yang berwarna putih, 6 benang sari berwarna hijau kekuning-kuningan, dan 1 putik sebagai bakal buah yang terbentuk segitiga.


Sources:
https://en.wikipedia.org/wiki/Milk
http://www.kerjanya.net/faq/18014-kemiri.html
http://drhealthbenefits.com/herbal/herbal-spices/health-benefits-of-red-onions.html
https://duniasatwaku.wordpress.com/2014/01/06/ciri-ciri-jenis-dan-manfaat-bawang-merah.html

0 komentar:

Post a Comment