Apr 5, 2018

Food Terminology 3/4/18

Salad Nicoise

(disebut niswaz) mendapat nama dari tempat asalnya iaitu Cote d'Azur di kota Nice di Perancis. Ia juga dikenali sebagai Salade Niçoise atau insalata nizzard.

Dikategorikan sebagai pembuka selera. Bahan-bahan untuk membuat salad ini adalah daun salad, tomato, kentang , kacang buncis rebus dan isi ikan tuna dalam tin dan ikan bilis jeruk. Bahan-bahan ini kemudian akan digaul bersama vinegrette.
Walaupun begitu bahan-bahan yang digunakan serta asal usul makanan ini masih menjadi kontroversi dan perdebatan ramai.
Menurut sumber, George Balanchine yang merupakan seorang jurutari terkenal telah memberi inspirasi penciptaan salad ini. Ia diperkenalkan ketika beliau membuat pertunjukan di Monte Carlo. Tetapi ada sumber lain mengatakan salad ini berasal dari kota Provence di Perancis.



Nicoise is a descriptive term for dishes served with particular foods used by the chefs of the City of Nice, France.  This garnish usually includes garlic, tomatoes, anchovies, black olive, capers, and lemon juice.

Salad Nicoise is the most famous of all these dishes, consisting of potatoes, olives, green beans, and vinaigrette dressing.  Even its “proper” assembly is disputed.  Some people say the salad is served on a bed of lettuce and others say that tomatoes are the base.  And some do not arrange the elements of the salad at all, but just toss it all together.


Onigiri

adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit.

 Pada buku harian Murasaki Shikibu Nikki dari Murasaki Shikibu pada abad ke-11 ditulis tentang orang memakan bola-bola nasi.Pada waktu itu, onigiri disebut tonjiki dan sering dimakan pada piknik makan siang.
Pada tahun 1987 ditemukan gumpalan butiran nasi yang terkarbonisasi peninggalan zaman Yayoi dari penggalian arkeologi yang dilakukan di Prefektur Ishikawa. Dari nasi berbentuk onigiri yang sudah terkarbonisasi tersebut ditemukan sisa bekas ditekan-tekan jari tangan manusia.


Teriyaki

Saus teriyaki adalah saus yang berbahan dasar kecap dan gula dengan beraroma rasa. Teriyaki sendiri adalah teknik memasak makanan Jepang yaitu mengoles bahan masakan ketika dalam proses memasak dengan saus teriyaki. Saus teriyaki sendiri pada intinya berbahan dasar kecap, gula merah, dan sake. Saus teriyaki berwarna coklat kemerahan dan sedikit kental. Namun, masyarakat Indonesia memodifikasi saus teriyaki dengan mengganti sake dengan tambahan madu. Agar lebih berempah, saus teriyaki sering ditambahi jahe, bawang putih, hingga sari jeruk. Saus teriyaki dapat dibuat sendiri di rumah. Saat ini, saus teriyaki sudah dipasarkan dalam bentuk instan, baik botolan atau bentuk sachet yang ekonomis. Saus teriyaki cocok digunakan sebagai saluting sauce untuk masakan berbahan daging.

Fungsi
Saus teriyaki pada dasarnya adalah bahan penyedap masakan. Saus ini dibuat dengan inti kecap Jepang atau biasa disebut shoyu dan gula. Saus teriyaki yang memiliki rasa manis mampu menambah cita rasa dalam masakan yang cenderung gurih atau hambar, seperti steak, tumisan, dan sebagainya. Saus teriyaki sendiri pada dasarnya mengandung alkohol yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Agar saus ini halal dikonsumsi, produsen lokal mengganti sake pada saus dengan sari jahe atau madu. Substitusi ini bertujuan agar tidak menghilangkan efek menghangatkan pada teriyaki dan menjaga cita rasa saus teriyaki agar mirip dengan produksi aslinya.


Pumpkin Soup

Di balik kelezatannya, kemunculan sup labu tak lepas dari sejarah kemerdekaan Haiti. Bermula dari keinginan warga Haiti menciptakan sajian istimewa untuk merayakan hari kebebasan dari penjajahan kolonial Prancis, pada 1 Januari 1804.

Seiring perkembangan zaman, sajian yang populer sebagai sup joumou itu menjadi hidangan khas untuk mengenang perjuangan memperoleh kemerdekaan di Haiti. Biasanya menjadi menu favorit menjamu teman dan keluarga.

Popularitas sup labu pun menembus batas negara. Menjumpai penggemar yang semakin luas. Tak hanya nikmat, sajian labu juga mengandung betakaroten yang merupakan sumber vitamin A dan antioksidan.

Bahan:
· 6 gelas kaldu ayam
· 1 ½ sendok teh garam
· 4 gelas puree labu
· 1 sendok teh peterseli segar
· 1 siung bawang putih yang telah dicincang
· ½ gelas heavy whipping cream
· 5 butir merica hitam

Cara Membuat:
· Panaskan kaldu ayam lalu tambahkan garam, puree labu, bawang putih dan merica hitam sampai mendidih.
· Kecilkan api dan aduk terus selama 30 menit.
· Pisahkan sup sebanyak 1 gelas lalu haluskan dengan menggunakan food processor atau blender.
· Kembalikan ke dalam panci, panaskan kembali hingga mendidih
· Kecilkan api, aduk selama 30 menit kemudian tambahkan heavy cream.
· Sajikan selagi hangat dengan taburan peterseli segar di atasnya.


Vinaigrette

adalah salad yang akrab bagi semua orang. Selama bertahun-tahun ini tetap menjadi salah satu masakan sehari-hari yang populer, sekaligus menjadi makanan ringan yang mudah dan sehat, karena semua bahan yang membentuk salad ini adalah sayuran. Ada beberapa resep untuk memasak vinaigrette, yang pada dasarnya sama. Vinaigrette adalah hidangan yang sangat baik bagi mereka yang menganut nutrisi makanan.

Sejarah penampilan vinaigrette
Dipercaya bahwa salad ini muncul pada masa pemerintahan Alexander yang Pertama, dan sebelum itu masing-masing bahan lebih suka makan secara terpisah. Nama saladnya diterima setelah juru masak Prancis, yang bekerja di pengadilan, melihat bagaimana si juru masak Rusia menambahkan cuka ke salad dan bertanya: "Cuka?", Yang berarti "cuka". Si juru masak Rusia memutuskan bahwa orang Prancis itu mengucapkan nama piring itu dan mengangguk: "Vinaigrette, vinaigrette."

Saat ini, hidangan ini jarang terlihat di meja meriah. Entah bagaimana itu sudah habis, atau apalah. Banyak orang lebih suka membeli yang sudah siap di toko. Tapi sangat sia-sia, karena salad ini merupakan sumber vitamin dan manfaat bagi tubuh Anda, jadi sebaiknya Anda memasaknya sesering mungkin. Selain itu, ini adalah salah satu makanan dengan anggaran cukup.

Komposisi vinaigrette
Dengan demikian, tidak ada resep vinaigrette yang diakui secara universal. Seseorang menambahkan daging, ikan haring, dan beberapa lainnya memilih untuk menambahkan sayuran. Beberapa menambahkan kacang hijau ke vinaigrette. Bagaimanapun, komposisi vinaigrette harus direbus bit, kentang, wortel. Dengan vinaigrette Rusia klasik, ramuan ini masih ditambah bawang, acar, asinan kubis, dan satu telur rebus cincang. Pengisian bahan bakar disiapkan dari minyak sayur, 3 persen cuka, lada hitam dan garam.


Terkadang sedikit ikan haring ditambahkan ke dalam vinaigrette, yang dicincang halus dan direndam dalam susu, tapi dalam kasus itu asinan kubis tidak diletakkan sama sekali, dan kentang dan bawang bombai justru sebaliknya ditambahkan.

Kandungan kalori dan khasiat vinaigrette yang bermanfaat
Vinaigrette dapat dikaitkan dengan benar, karena mengandung sayuran yang hampir sama. Selain itu, sebagai dressing digunakan campuran berdasarkan minyak sayur, dan bukan mayones, yang sudah ditambah besar. Bicara tentang nilai kalori yang tepat dari vinaigrette adalah tidak mungkin, karena tidak ada proporsi yang tepat dari bahan tertentu. Semuanya ditambahkan ke selera si juru masak, selain itu, beberapa bahan bisa berubah, yang juga mempengaruhi kandungan kalori. Rata-rata, 100 gram hidangan ini mengandung sekitar 130 kkal, yang sangat, sangat sedikit. Selain itu, hidangan ini berkontribusi pada normalisasi saluran pencernaan, membantu membersihkan tubuh.

Bahan dalam komposisinya mengandung banyak vitamin, mineral dan zat bermanfaat lainnya, yang hilang secara signifikan selama perlakuan panas. Untuk menjaga sayuran sebanyak mungkin vitamin, mereka harus direbus untuk beberapa atau panggang dalam oven. Vinaigrette merupakan sumber serat nabati dan serat makanan. Meski begitu, ahli gizi menyarankan agar membatasi konsumsi vinaigrette untuk orang-orang yang menderita diabetes dan kelebihan berat badan, karena komponen utamanya (bit, wortel dan kentang) mengandung banyak karbohidrat, yang cepat diserap ke dalam darah, sehingga meningkatkan kadar insulin dan memprovokasi diabetes mellitus. Adanya asinan kubis dalam salad dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada orang dengan (radang usus, gastritis, duodenitis, bisul).



Sources:
http://penggemarsalad.blogspot.co.id/2012/04/kontroversi-salad-nicoise.html
https://whatscookingamerica.net/History/SaladHistory.html
http://se-no-arigatou.blogspot.co.id/2012/12/sejarah-onigiri-dan-cara-membuat-onigri.html
http://www.kerjanya.net/faq/18566-saus-teriyaki.html
https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/335956-di-balik-kehangatan-sup-labu
https://kinkong.ru/id/recipes/king-of-salads-vinaigrette-is-the-most-delicious-recipe-all-about-vinaigrette-calorie-properties-benefits-ways-of-cooking/

0 komentar:

Post a Comment